Entri Populer

Sabtu, 06 November 2010

analisa kegagalan bearing

mengetahui mengapa bearing gagal atau rusak,merupakan cara terbaik untuk mengetahui cara termudah kegagalan tersebut berulang kembali.
mayoritas kegagalan bearing di sebabkan oleh pelumasan yang tidak tepat,kontaminasi,pemasangan yang keliru,atau faktor-faktor perawatan lain yang berpengaruh terhadap kinerja mesin.
seorang insinyur berpengalam dari SKF yang dapat "membaca"bukti-bukti yang terdapat di dalam bearing yang rusak,dapat mengetahui akar masalah kerusakan tersebutbukti-bukti itu sering di temukan hanyadalam bearing saja.dengan menganalisa kegagalanatau kerusakan itu,masalah nya dapat di temukan dan di perbaiki.
bagaimana mendapatkan manfaat maksimal dari analisa
manfaat yang maksimal dari analisa kegagalan adalah saat analisa tersebut di masukan kedalam strategi perawatan yang baik.analisa kegagalan harus di lakukan sebagai suatu proses yang otomatis,dan informasinya di gunakan untuk menghilangkan akar masalahnya.informasi yang di dapat bisa memberikan pengetahuaan yang berharga mengenal potensi masalah dalam aplikasi yang mirip atau setara,atau pada kondisi mesin secara umum.
analisa kegagalan terhadap akar masalah adalah salah satu strategi utama untuk menentukan dan mencapai target peningkatan kinerja mesin ( key performance indikator(kpi/indikator kinerja utama ). di dalam proses proaktive realibility maintenance 'dari skf,pelangga dan skf bersama-sama menetapkan target-target ini.
proses ini juga bermanfaat dalam situsi yang spesifik,misalnya:
*untuk mengetahui masalah dalam suatu mesin,saat bearing harus terlalu sering digani.
*terjadi kegagalan bearing yang sangat parah dan tidak biasa.
*mesin di bongkar untuk perawatan regular,dan menemukan kerusakan pada bearing.

dalam semua kasus ,tindakan perawatan mendatang dapat di tentukan berdasarkan analisa bearing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar